Pada tulisan kali ini, saya ingin mengulas sedikit tentang penetapan harga cerdik (smart pricing)
yang dilakukan oleh Adsense. Hal ini karena saya anggap juga sangat
turut mempengaruhi kenapa nilai klik sebuah iklan tidak sama dan
berubah-ubah.
Smart Pricing atau penetapan harga cerdik adalah salah
satu fitur andalan Google Adsense bagi para pengiklan. Sistem ini
bertujuan untuk mengurangi resiko klik yang tidak valid yang merugikan
para pengiklan.
Cara kerja dari sistem ini, adalah dengan cara menetapkan nilai klik iklan berbeda-beda tergantung beberapa faktor, seperti: relevansi situs, jumlah trafik, PR (page rank), umur situs / blog, relevansi link dan lain sebagainya.
Akibatnya, sebuah iklan yang menawarkan 'kamera digital' nilainya akan
lebih tinggi jika muncul pada situs / blog yang mengulas tentang kamera
digital dibandingkan jika muncul di situs / blog tentang fotografi
misalnya.
Di halaman Support Google sendiri disebutkan:
"Penetapan harga cerdik merupakan fitur Google yang dapat mengurangi tawaran biaya per klik (BPK) Anda pada Jaringan Google.
Kami terus-menerus menganalisis data di seluruh jaringan kami
terhadap berbagai faktor. Jika data kami menunjukkan bahwa klik dari
laman Jaringan Google kecil kemungkinannya berubah menjadi hasil bisnis
yang dapat ditindaklanjuti - seperti penjualan online, pendaftaran,
panggilan telepon, atau pendaftaran buletin - kami mungkin mengurangi
tawaran untuk laman tersebut.
Kami mempertimbangkan banyak faktor seperti daftar kata kunci atau
konsep mana yang memicu iklan serta jenis laman tempat iklan
ditayangkan. Misalnya, Anda mengiklankan kamera digital. Iklan Anda
muncul di dua laman yang berbeda - laman penelusuran web Google untuk
kata kunci 'kamera digita' dan laman Jaringan Google tentang kamera
digital. Jika Google menentukan bahwa iklan Anda cenderung tidak
berjalan sebaik pada laman Jaringan Google seperti pada penelusuran web
Google, sistem AdWords mungkin mengurangi tawaran BPK maksimum untuk
situs tersebut.
Google menghemat waktu Anda dan mengurangi kerepotan dengan menaksir
nilai klik dan menyesuaikan tawaran secara berkelanjutan. Tanpa upaya
ekstra dari Anda, teknologi Google membantu Anda mendapatkan ROI yang
kuat dari iklan AdWords Anda."
Dari penjelasan di atas, satu hal yang paling penting salah satunya adalah, relevansi topik blog.
Inilah alasan utama mengapa sebaiknya kita hanya mengelola satu topik
untuk blog kita. Selain itu dengan mengelola satu topik saja dalam
blogging, kita lebih bisa mendapatkan iklan yang relevan.
Lalu, apa manfaat nyata bagi kita-kita sebagai publisher Adsense? Tentu
saja, dengan mengerti dan memperhatikan tentang smart pricing ini, kita
menjadi tahu bahwa pengiklan hanya akan membayar mahal jika klik itu
berasal dari situs / blog yang relevan dan berkualitas tinggi. Hal ini,
pada akhirnya - bagi saya - akan memacu untuk terus berusaha menyajikan
yang terbaik. Bagaimana dengan Anda?
Salam.
0 Komentar untuk "Sekilas Mengenal Smart Pricing Adsense "
Silahkan berkomentar dengan bijak dan positif. Komentar anda menunjukkan sikap anda. Terima kasih :-)